Rancang Bangun Rangka Sepeda Listrik Roda 3 untuk Mobilitas Laboratorium Berkapasitas 150 KG

Penulis

  • Fadly Achmad Azhar Politeknik Neger Bandung
  • Zainuddin Politeknik Negeri Bandung
  • Leo Van Gunawan Politeknik Negeri Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31884/journalofappliedmechanicaltechnology.v4i1.303

Kata Kunci:

Sepeda listrik roda tiga, rangka sepeda, mobilitas laboratorium, Finite Element Analysis, transportasi ramah lingkungan

Abstrak

ABSTRAK – Kemudahan berpindah dari satu tempat  ke tempat lain, terutama untuk membawa peralatan atau hasil pengujian, menjadi  kebutuhan yang penting. Namun demikian, aksesibilitas dan efisiensi mobilitas  sering kali menjadi kendala, terlebih lagi bagi individu dengan keterbatasan fisik. Sepeda roda tiga memberikan kestabilan lebih baik  dibandingkan dengan sepeda roda dua, sehingga sangat cocok untuk operasional di  lingkungan kampus atau laboratorium yang memiliki medan terbatas dan padat  aktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun rangka sepeda listrik roda tiga yang digunakan untuk mendukung mobilitas laboratorium dengan kapasitas beban maksimal 150 kg. Proses perancangan dilakukan melalui metode Pahl and Beitz untuk pengembangan konsep, pemodelan tiga dimensi menggunakan perangkat lunak SolidWorks, dan analisis kekuatan struktur dengan metode Finite Element Analysis (FEA). Perhitungan manual juga dilakukan untuk memvalidasi hasil simulasi numerik. Tahap manufaktur rangka melibatkan proses pemotongan, bending, dan pengelasan pipa baja berprofil hollow, dengan mempertimbangkan aspek ergonomi dan efisiensi biaya. Pengujian simulasi menunjukkan bahwa tegangan maksimum yang terjadi sebesar 30,3 MPa, jauh di bawah batas yield strength material ASTM A36, menghasilkan faktor keamanan sebesar 8,2. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan sarana transportasi laboratorium yang ramah lingkungan, efisien, dan aman.  

Biografi Penulis

Zainuddin, Politeknik Negeri Bandung

Teknik Mesin

Leo Van Gunawan, Politeknik Negeri Indramayu

Prodi Teknik Mesin

Referensi

D. S. Kumar, “Fabrication of Electric Tricycle,” INTERANTIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC RESEARCH IN ENGINEERING AND MANAGEMENT, vol. 08, no. 03, pp. 1–5, Mar. 2024, doi: 10.55041/IJSREM29872.

S. Singh, “Eco-friendly Modified Tricycle for the Disabled Person,” International Journal of Mechanical Engineering, vol. 6, no. 0001, Dec. 2021, doi: 10.56452/2021SP-8-041.

J. Kováč, P. Malega, and J. Svetlík, “Smart Electric Three-Wheeled Unit for the Manufacturing Industry,” Applied Sciences, vol. 14, no. 11, p. 4933, Jun. 2024, doi: 10.3390/app14114933.

M. S. H. Reddy, S. A. V. Kuppa, A. Sanjana, J. Sridevi, and V. U. Rani, “Design and Development of Front fork for Electric Tricycle,” in 2022 IEEE 2nd International Conference on Sustainable Energy and Future Electric Transportation (SeFeT), IEEE, Aug. 2022, pp. 1–6. doi: 10.1109/SeFeT55524.2022.9909276.

G. Pahl and W. Beitz. 2007. Engineering Design: A Systematic Approach; Springer

Dikwan, Muhammad, dkk, " Pengaruh Normalizing Terhadap Kekuatan Tarik, Impak, dan Mikrografi Pada Sambungan Las Baja A36 Akibat Pengelasan Shielded-Metal Arc Welding (SMAW) dengan Variasi 2 waktu

Pemanasan" Jurnal teknik Perkapalan, Vol. 7, No. 4 Oktober 2019.

Restu, Fedia. dkk, " Analisa Kekuatan Material ASTM A36 Pada Konstruksi Ragum Terhadap Variasi Gaya Cekam Dengan Menggunakan Software SolidWorks 2013". Jurnal Integrasi, Vol. 9, No. 2, October 2017, 113-118

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-27

Cara Mengutip

[1]
Fadly Achmad Azhar, Zainuddin, dan Leo Van Gunawan, “Rancang Bangun Rangka Sepeda Listrik Roda 3 untuk Mobilitas Laboratorium Berkapasitas 150 KG”, JAMET, vol. 4, no. 1, hlm. 24–32, Agu 2025.